Komunitas HRS ( Hijrah Riba Syirkahpeneur ) kini hadir di Surbaya

Surabaya 20/3/21- Gerakan Hijrah Riba semakin mengeliat di Indonesia begitu juga di kota pahlawan surabaya. Setelah banyak orang yang Hijrah dari Riba, teryata masih banyak menyisakan pertanyaan, salah satunya adalah tentang solusi permodalan tanpa riba.

Firly Ferdiansyah selaku dari founder bisyarah.id dalam seminar solusi permodalan tanpa riba yang diadakan di hotel cleo mengatakan bahwa salah satu faktor produksi yang penting dan harus disolusikan adalah modal.

Modal itu bagian penting dalam mengembangkan bisnis. Masyarakat sudah terbiasa dengan Modal dengan skema Utang Ribawi jadi seakan tidak ada pilihan lain. Padahal jika kita mau mengkaji lebih dalam Islam punya solusi baik parsial maupun sistemik dalam menanggulangi masalah peemodalan bisnis.

Dalam seminar ini setidaknya digambarkan ada 6 solusi permodalan tanpa riba.

Di pembahasan Solusi Permodalan Tanpa Riba disampaikan beberapa opsi yaitu :

1. Menggunakan dana sendiri
2. Menjual Aset yang dimilik (Akad Al-Bai’)
3. Pinjaman dana (Akad Qardh)
4. Gadai (Akad Rahn)
5. Hutang dagang (Akad Dain)
6. Kerjasama Investasi (Akad Syirkah)

Di pembahasan kedua disampaikan bagaimana sih akad al bai’, qardh, rahn, dain dan syirkah yang sesuai syariah.

Misi bisyarah.id sendiri adalah menyelamatkan pengusaha dunia dari harta haram.

Salah satu wujud dari misi ini adalah dengan melaunching sebuah gerakan komunitas yang diberi nama hijrah riba syirkahprenur ( HRS) di surabaya. Kordinator HRS ( Hijrah Riba Syirkahpreneur) wilayah surabaya di kordinatori oleh Ust.Ahmad yang bisa dihubunngi di +62 812-3524-1133

Selesai acara seminar para alumni diharapkan lurus niatnya hijrahnya dan  bisa terus istiqomah dalam hijrah. Dengan adanya komunitas Hijrah Riba Syirkahpreneur impiannya bisa mengutkan para alumni untuk istiqomah tidak mengambil modal riba lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *