Bagaimana mengubah konsumen menjadi marketers – Flywheel Marketing

Alhamdulillah Akhir Agustus 2020 kemarin saya berkesempatan belajar kembali tentang Flywheel Marketing sebuah frame work dari hubspot yang banyak jadi perbincangan di kalangan digital marketers dunia.

Apakah benar framwork flywheel marketing  ini mampu mengantikan traditional funnel yang sudah terbukti membantu para internet marketing seluruh dunia untuk mencetak omset. Kenapa flywheel marketing ini sangat ramai diperbincangkan,  karena selain kontrovesinya sebagai framework yang akan mengantikan funnel marketing, konsep ini open source dan banyak dikaji di kampus-kampus binsis school.

Riview flywheel marketing juga cukup  banyak, dan memang dikembangkan dari konsep Amazon  brand termahal di dunia yang mampu mengeser Apple Brand di 2020. Jika kita mengkaji dunia branding salah satu cara mengukur brand ini mahal atau tidak dinilai dari basic loyality customernya.

Amazon salah  satu brand yang fokus bagaimana membahagiakan pelanggan, Amazon juga berhasil mengkuisisi zappos yang dikenal sebagai delivery happiness , rajanya repeat order in the world.

Insya Allah di blog ini saya akan bagikan beberpa insight menarik tentang flywheel marketing  buat teman-temen bisyarah.id . Semoga bermanfaat.

Kita akan mulai dari re definisi siapa itu marketers ?

  • Dalam sebuah riset teryata marketers atau sales adalah orang paling tidak dipercaya oleh publik.
  • Era Marketing 4.0 saat ini orang makin tidak suka dijualin, tapi prinsipnya semua orang suka diceritain, Apalagi cerita ini datang dari teman, atau influencer yang dia follow.
  • Konsumen adalah best Marketing ( Marketing paling terpercaya) , dan Konsumen adalah story teller paling dipercaya  maka (bahagiakan mereka).
  • Konsumen bukan hanya yang sudah beli saja, tapi mulai dari yang baru tanya, team, suplayer, stack holder adalah Konsumen Anda.
  • Fokus pada CRM ( customer realation management) bagaimana membahagiakan team dan customer.

Lalu Bagimana mengubah konsumen menjadi marketers atau mau menceritakan Brand Anda ?

  1. Bahagiakan Konsumen – Konsumen yang bahagia akan dengan suka rela  akan bercetita tentang brand Anda dan secara alami mereka menjadi bagian dari marketers,
  2. Layani atau Service mereka layaknya keluarga kita, Muliakanlah tamu yang datang, berilah service terbaik Anda sampai mereka berkata WOW.
  3. Mind set Service Culture harus di instal ke semua team baik oprational, keuangan, sampai hrd.
  4. Milikilah Publik Trust – Mata rantai opurtunity tertinggi yang akan memudahkan Anda menjual Brand Anda
  5. Buatlah Prestasi wow  yang layak diceritakan
  6. Sering-sering beri kejuatan yang membahagiakan pelanggan Anda

Sebenernya memahami konsep flywheel untuk diaplikasikan di program atau konten marketing tidak sulit, prinsipnya  fokus Anda ada ditengah yaitu Pelanggan yang bahagia ( CRM) Customer Realtion Management. Intinya bagaimana cara Anda membahagiakan konsumen dan selalu terhubung dengan mereka setiap saat melalui sebuah konten marketing atau  program marketing.

Di Awal sebelum Anda membuat program atau konten marketing yang relevan ,  Anda harus paham dulu siapa Buyer pesona atau target market ideal Anda. Anda harus tahu problem dan hot butoon mereka, Anda harus kenal mereka lebih dalam, Minimal Anda tahu harapan dan ketakutan mereka. Bahkan Anda tahu kebutuhan konsumen baik fisik maupun non fisik secara spesifik.

Kembali ke frame work  flywheel Marketing , ada 3 aspek yang akan menjadis ebuah roda gila yang terus membesar jika kita disiplin untuk mengeksekusinya

  1. ATTRACK – PIKAT KONSUMEN – TARIK MEREKA

Pembahasan Attrack ini intinya adalah  bagaimana menarik atau memikat calon customer baru untuk mencoba produk atau brand kita.  Attrack terbaik datang dari customer lama ( exis customer)  yang sangat-sangat terpuaskan oleh produk dan layanan service Anda. Cerita Brand Anda yang di riview oleh micro influencer atau akun-akun  media  social yang mereka ikuti. Bisa juga datang dari konten-konten vral yang mereka butuhkan seperti konten hiburan, daily vlog, inspirasi, edukasi, motivasi.

berikut adalah contoh- contoh  strategy di attrack flywheel marketing

1.wom ( word of mount),

2.Event yang Menarik

3.Iklan dari konten viral marketing

2.Riview website, Riview Youtube chanel, Google map, Google My business

3.customer testimonial – real testimony yang datang dari konsumen

4.Inbond Marketing (content releted) – bikin konten yang disukai oleh target market ideal atau buyer pesona Anda.

5.Berikan Gratisan ( Free sanple, free konten, free webinar, free coaching, free training, freev frame work  etc ) Creative Giving 

6.Publisitas Media Massa

 

KUNCINYA BERIKAN EFEK WOW SEHINGGA ORANG MAU BERCERITA TENTANG ANDA

PENELITIAN MEMBUKTIKAN ORANG YANG DAPAT EFEK WOW AKAN IKLAS CERITA PADA TEMANNYA

INTINYA BIKIN PROGRAM ATAU KONTEN YANG MENARIK PERHATIAN MEREKA –  MEDIA RIVIEW

 

2.ENGAGE- BUAT MEREKA NYAMAN- JALIN INTERAKSI DAN HUBUNGAN EMOSIONAL

Media social sebenernya adalah media untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Libatkan setiap konsumen dalam gerakan , komunitas, campaign Anda. Namun ingat jangan spam bangunlah intraksi layaknya teman, sahabat, keluarga bukan sekedar hubungan transaksional.

Makanya kalau ada temen media soscialnyaupdate  status , ya kita harus coment, like, dan juga share jika perlu. Jalin interaksi kadang inbox mereka, jangan inbox jualan terus ajak ngobrol. beri kejutan mereka kasih hadiah yang bermanfaat , libatkan mereka dalam komunitas yang Anda bangun.

1. Buatlah Blog dan Vlog yang bermnafaat dan related dengan produk anda ( misal how to, tips, motivasi, inspirasi, edukasi )

2.Rutin update di stoies ( konten kamu dimana , dengan siapa, sedang berbuat apa) daily vlog

3.Upadte konten harian baik ig, fb, youtube, buat trailer untuk menuju satu platform tertentu

4.interaktif conetent.

5.chat boot, tex mesage, follow up, call center.

6.buat komunitas.

Nb : Saat menjalin hubungan dengan konsumen pastikan mereka nyaman, jangan spam, buat mereka merasa senyaman mungkin berteman dengan Anda.

 

Delight